BERPIKIR CERDAS DENGAN HATI YANG BERSIH

Oleh Ahmad Bahrianto

Manusia mahluk yang diciptakan oleh Allah Azza wa jalla, merupakan makhluk yang paling sempurna di bandingkan makhluk ciptaan yang lainnya. Buktinnya manusia diciptakan dengan sebaik-baiknya, bentuk fisik yang sempurna juga dilengkapoi dengan dua unsur yang sangat istimewa yaitu akal dan nafsu. Dimana dua unsur ini apabila digunakan sesuai dengan Qadarnya akan menampakkan dampak positif yang luar biasa, namun apabila disalahgunakan maka kehancuran dan dampak negatif yang sangat merugikan dan mencelakakan baik orang lain, lingkungan ataupun manusia itu sendiri, bahkan dapat menjadikan dirinya makhluk yang paling rendah dan hina, hal ini sebagaimana yang telah dinyatakan Allah Azza Wa Jalla dalam Al-Qur’an yang suci, Q.S At-Tin : 4-5.

“Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya kemudian kami kembalikan ia ketempat yang serendah-rendahnya,(asfhal)neraka”.

Dalam ayat ini Allah Azza Wa Jalla memberikan pernyataan bahwa manusia itu diciptakan dengan sebaik-baiknya daripada makhluk ciptaan lainnya. Namun manusia juga dapat berubah menjadi makhluk yang sangat buruk bahkan lebih buruk dan rendah dari makhluk-makhluk yang diciptakan lainnya, apabila ia tidak menggunakan hidupnya dengat cermat dan baik , ia tidak menggunakan potensi yang ada dalam dirinnya tidak menyeimbangkan akal dan nafsu dengan baik dan menjaga Qolbu atau hatinya agar senantiasa bersih dan sehat.

. . . . . .

Masya Allah, andaikan hati kita selalu bersih tentu akan selalu nikmat sekali menjalani hidup ini. Jikalau hati kita bersih dan sehat, berpikirpun bisa cerdas,mengapa??  Karena tidak ada waktu untuk berfikir licik,dengki atau keinginan untuk menjatuhkan orang lain, sebab kalau tidak hati2 benar hidup ini sangat melelahkan sekali saja kita tidak suka kepada seseorang lambat laun kebencian itub akan memakan  waktu menghilangkan produktivitas,dan dapat menhilangkan kebahagian kita.

Karena itu bila hati kita bersih,pikiran pun bisa menjadi jernih,tidak ada waktu untuk iri,

Semua input akan masuk dengan mudah karena tidak ada ruang untuk memikirkan apapun akibatnya kita akan memiliki akses data yang sangat tinggi akses informasi yang benar2 melimpah akses ilmu yang benar2 meluas ujungnya akan mampu mengambil ide2 yang cemerlang gagasan2 yang jitu.

Hati merupakan pusat kendali jasad dan akal,otak sebagai saranba pengmbangan akal dan penggerak perilaku kemudian fisik sebagai gambaran akal dan suasana hati.kebaikan pada diri seseorang dapat dilihat secara kasat mata melalui jasad dan akal.jadi hati yang bersih akan menampakan akal dan jasad yang bersih pula.jasad dan akalhanya akan menuju pada suatu kebaikan jika dikendalikan oleh hati yang bersih yang membut perilaku seseorang menjadi bernilai dan berkualitas.

Dengan kebersihan hati insyaallah, otak akan lebih cerdas, ide lebih berlian dan gagasan lebih cemerlang. Orang yang bersih hatinya mempunyai kemampuan berfikir yang lebih cepat dari pada orang lain. Namun orang yang kotor hatinya Cuma akan berjalan ditempat. Dia akan sibuk memikirkan kekurangan orang lain,

yang ada dalam pikirannya hanyalah kejelekan orang lain.

Sederhananya sebagaimana yang pernbah diungkapan oleh imam al-ghozali “tubuh manusia diibaratkan sebagai sebuah kerajaan, dia harus senantiasa ditata agar mampu menghadapi berbagai fenomena kehidupan dengan sikap dan tindakan yang terbaik, tentusaja tak lain hati merupakan rajanya. Dalam hal ini rasulullah SAW bersabda “ketahuilah didalam jasad ada segumpal daging bila ia sehat maka sehatlah seluruhnya dan bila ia rusak maka rusaklah seeluruh tubuhnya ketahuilah bahwa itu adalah hati” (HR.BUKHORI, MUSLIM). Hal ini menandakan bila hati kita sehat dan bersih maka seluruh badanpun ikut sehat pikiranpun akan lebih jernih dan cerdas. Pantaslah abdullah gymnastiar mengatakan dalam syairnya “bila hati kian bersih pikiranpun akan jernih, semangat hidup kan gigih prestasi mudah diraih”.

Pertanyaannya bagaimana keadaan dunia saat ini, yang dari jaman kejaman terus berkembang dan terus mengalami perubahan2 yang sangat besar. Dengan adanya kemajuan2 dan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, adakah diantara penggenggam dunia, pemegang kekuasaan, para pemimpin, pa4ra cendekiawan, para ilmuan, para intelek, para tokoh2 terkemuka, para penguasa, dan lain-lain yang memiliki kecerdasan dengan dilengkapi hati yang bersih dan suci. Faktanya sangat sedikit, orang yang memiliki kecerdasan yang tinggi tetapi berhati kotor.

Para pemegang kekuasaan dan para pemimpin memang terbukti memiliki kepintaran dan kecerdasan yang sangat tinggi, tetapi sayangnya pemimpin yang cerdas dan berhati bersih sangat langka faktanya tidak sedikit para pemimpin yang telah dipilih dan memiliki otak yangt cerdas duduk dikursi kekuasaannya, ironisnya dengan kecerdasan itu ia dengan bangga membodohi rakyat dibawahnya, mak terciptalah pemimpin yang suka membohongi rakyatnya padahal andaikan para pemimpin dengan otak dan kecerdasan serta hati yang bersih dalam memimpin tidak mungkin bisa terjadi pelanggaran2 penyelewengan kekuasaan, ketidak adilan, kedzaliman, korupsi, dan lain-lain terjadi dimana2 dan merajalela dalam suatu bangsa. Padahal sudah nyata dan terbukti seorang pemimpin yang cerdas sebagai contoh dia tidak lain adalah rasulullah SAW. Beliau adalah sosok contoh seorang pemimpin yang cerdas dan berhati baik serta sangat berpengaruh karena kebersihan dan ketulusan hatinya dalam memimpin.

Sebagi renungan dan instropeksi bagi kita bagaimana sebaiknya memilih dan menciptakan seorang pemimpin yang cerdas bersih agar dapat membangun suatu bangsa atau negara pada umumnya umat manusia kearah yang diharapkan sejahtera, aman, damai, dan selamat dunia akhirat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: